Hasbunallah wa ni'mal wakil

Al Qur'an sebagai firman Allah adalah sumber kemahaluasan ilmu-Nya. Jika digali, maka luasnya meliputi langit dan bumi. Salah satu firman Allah yaitu Surat Ali Imron ayat 173 yang berbunyi : "Hasbunallah wani'mal wakil." yang artinya : "Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung". 

Jika ayat ini diamalkan secara istiqomah, maka akan dirasakan hasilnya yang dahsyat. Setiap surat dalam Al Qur'an mempunyai khodam yang berbeda-beda namanya. 

Sebagai contoh, khodam surat Al Ikhlas ada tiga yaitu : Syekh Abdul Shomad, Syekh Abdul Wahid, dan Syekh Abdul Rozzak. Maka, bagi siapa yang mengamalkan atau mewiridkan surat Al Ikhlas, dia bisa bertemu dengan dalah satu khodam diutus dan atas ijin Allah, serta atas kehendak-Nya akan terjalin komunikasi secara langsung antara hamba Allah dengan khodam surat yang diwiridkan tersebut. 

Salah satu firman Allah yang saya uraikan disini adalah surat Ali Imran ayat 173 yang berbunyi : "Hasbunallah wa ni'mal wakil." yang artinya : "Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung". 

Para hukama atau ahli hikmah telah banyak menggali barokah dari ayat ini dengan melakukan bermunajat kepada Allah. Ayat ini jika diyakini dan diamalkan secara istiqomah, maka akan dirasakan hasilnya yang dahsyat. 

Dalam prakteknya, ayat tersebut sering digabung dengan ayat lain, tergantung dari hajat kita. Beberapa barokahnya adalah : sebagai sarana gaib menagih hutang, meminjam uang, membungkam mulut musuh, memberi pelajaran orang dholim, menundukkan atasan, dan untuk merukunkan rumah tangga.